h1

Zat Perasa Makanan

Mei 4, 2011

Zat Perasa Makanan
guLa

Banyak dokter, ahli nutrisi dan peneliti menganggap gula yg telahdiproses adalah musuh paling utama bagi kesehatan.
Namun gula adalah bahan tambahan no 1. Konsumsi gula 10X lebih banyak daripada 2600 zat tambahan makanan lainnya.
Gula tersembunyi didalam barang2 yg kita beli di supermaket: saos tomat, roti, sup, sereal, daging yg diawetkan, hot dog, lunche meat, salad dressing, saus spagheti, cracker, mayonaise, selai kacang, pizza beku, buah & sayur kalengan, jus tomat dll. Lebih2 dalam produk2 gula: permen, kue, ice cream, cookies, donat, minuman soda
1 permen kecil gratis di kasir restoran mengandung 50-100 kalori ~ makan besar yg baru saja dihabiskan
Macam2 gula:
Sukrosa
Dikenal sebagai gula putih yg sudah diproses (gula pasir dan sejenisnya)
Gula buatan yg dimakan berlebihan tiap hari, dalam produk2 buatan manusia
Dari gula tebu, gula bit, mapel
Gula putih 99,9% sukrosa
Gula turbinado 99% sukrosa
Gula merah/ brown sugar 96% sukrosa
Gula mapel 95-98% sukrosa
Sirup mapel 65% sukrosa
Molasses 50-70% sukrosa
Fruktosa/ levulosa
Dalam buah2an dan madu
Dari jagung, gula bit & gula tebu
Bentuk yg paling polpuler yg sudah diproses: sirup jagung, yg ditambahkan pada ratusan produk
70% lebih manis dari sukrosa, tetapi lebih sedikit kaloringa
Maltosa
Dibuat dg merendam/ malting beberapa padi2an dg enzim2 alami
Yg populer:
Barley malt , dari kecambah barley/ jelai, dikeringkan, campur air & memasaknya jadi sirup
Brown rice syrup, dinuat dg menambahkan jali yg sudah berkecambah & disaring, nasi dibiakkan dikeringkan dalam nasi yg sudah dimasak dimasak jadi sirup
1/3 manisnya dari sukrosa
Glukosa/ dextrosa
Ditemukan secara alami dalam buah, madu. Carob dan jagung atau dalam bentuk yg sudah diproses
2/3 manisnya dari sukrosa
Bentuk gula yg dihancurkan dalam tubuh, dipakai sbg energi
Laktosa
Bentuk gula dalam susu, selain galaktosa
tidak disebut sebagai zat tambahan makananTidak dikonsumsi dalam bentuk gula, tetapi sbg bagian dari produk susu
Jadi glukosa, fruktosa, maltosa sudah ada secara natural pada sayur, buah, padi2an dan madu. Kalau kita makan makanan seperti Kej1 29 sebenarnya tubuh kita sudah mendapatkan gula yg dibutuhkan.
Yg harus kita perhatikan:
Makanlah pemanis dalam jenis yg diciptakan Allah sebagai makanan
Sedapat mungkin makanlah pemanis sebelum diubah menjadi produk toksik
Kalau kita tidak menjadi ketagihan, kita sedang menggunakan pemanis dg cara yg sehat.
Sumber : http://www.google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: